alternatif usaha untuk ibu rumah tangga

Alternatif usaha untuk ibu rumah tangga oleh Bisnisan. Masih dalam bahasan bisnisan bagi para wanita yang telah menikah dan sedang mencari ide pekerjaan yang cocok untuk dilakukan.


alternatif usaha untuk ibu rumah tangga

Karena dipostingan sebelumnya tentang Usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga di desa, kita hanya memberikan poin-poinya saja. Dipostingan ini kita akan membahasnya secara lengkap.


Kewajiban seorang ibu rumah tangga memanglah bukan pada mencari uang, melainkan mengurus suami dan anak serta menyelesaikan pekerjaan rumah. 


Namun bukan berarti hal tersebut dilarang, sobat bisnisan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga tetap bisa melakukan aktifitas mencari uang selama itu tidak menggangu kewajiban inti, dan mendapat izin serta dukungan dari suami tentu sangat di menentukan.


Oleh karena itu, kali ini Bisnisan.net akan berbagi informasi mengenai alternatif bisnisan bagi para ibu yang sekiranya tidak terlalu banyak menyita waktu. Sehingga mengganggu tugas tinti yang harus dikerjakan.


Postingan ini adalah pelengkap dari bahasan lama kita yang berjudul Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Tanpa Mengganggu Kewajiban. Disana kita sudah menjelaskan dari mulai panduan hingga contoh bisnisan versi offlinenya, nah di postingan ini kita akan membahas versi onlinenya.


Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Secara online

Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Secara online


Membuat Blog

Blog adalah sebuah investasi jangka panjang, hal ini bisa menjadi alternatif usaha yang santai namun tetap terarah. Jika sobat Bisnisan.net senang menulis dan memiliki waktu luang yang sempit, sobat bisa mencoba berinvestasi dengan menuliskan satu artikel saja setiap hari. 

Silahkan sobat Bisnisan coba meluangkan waktu 3 jam sehari. misalnya, kita selesaikan pekerjaan rumah dari pagi hingga jam 9, nah dari jam 9-12 adalah waktu fokus untuk menjalankan bisnis blog ini. Atau sobat bisa menyesuaikan sendiri waktunya dengan keadaan masing-masing.


Jika Sobat yang sebagai pengurus rumah tangga ini sama sekali belum mengerti cara membuat blog, disini kita coba memberi alternatif arahan dan membaginya kedalam beberapa tahapan, 

Dibulan pertama, kita pelajari terlebih dulu dari mulai cara membuat blog itu seperti apa, dan baiknya sambil searching, sambil praktek agar lebih cepat difahami.
  • Minggu pertama: belajar cara membuat blog, platform + pengaturannya.
  • Minggu kedua: Kita belajar cara menulis artikel yang baik untuk blog itu seperti apa
  • Di Minggu ketiga: mulai membuat blog latihan dan mulai menulis untuk membiasakan terlebih dahulu
  • Dan di minggu ke empatnya, kita tentukan Niche/topik blog, platform yang akan digunakan, dan theme yang akan digunakan agar di awal bulan kedua, kita sudah siap merilis blog baru

Berikutnya, dibulan kedua sampai bulan  kelima, kita fokus saja membuat konten berkualitas, dan rutin menulis minimal 1 artikel perhari, hal ini bisa disesuaikan, namun usahakan tidak terlalu banyak terlewat. Dan jangan lupa untuk membagikan pstingan kita ke media sosial.

Di bulan ke enam, barulah kita mulai memonetisasi blog kita. bisa melalui Google adsense ataupu jaringan periklanan lainnya. 

Langkah di atas adalah untuk yang sama sekali belum mengetahui cara membuat blog, dan langkah tersebut tidaklah baku, yang artinya bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Jika anda konsisten,dan konten anda bermanfaat, anda pasti akan merasakan manfaatnya diwaktu mendatang. kita juga pernah membahas bagaimana Cara menghasilkan uang dari blog di artikel sebelumnya.


Menjadi penulis lepas

Sama seperti poin di atas, namun di poin ini anda bisa langsung menjual jasa penulisan atau artikel yang sudah jadi. Anda juga bisa bergabung bi blog milik orang lain sebagai penulis dan mendapatkan bayaran dari si pemilik blog. 

Jika anda telah terbiasa menulis di blog, poin ini mungkin telah sobat coba sebagai alternatif usaha selain dari penghasilan blog.. Sobat juga bisa menyisihkan waktu 1-3 jam perhari untuk fokus menjalankan bisnisan ini. Namun jika masih baru, sobat bisa mengikuti poin sebelumnya terlebih dahulu.

Menjadi Youtuber

Mencari uang dari youtube memang menjadi tren di sepuluh tahun terakhir ini, dan anda juga bisa mencoba memulainya.

Kenapa tidak untuk mendokumentasikan keahlian anda dalam bentuk video dan menguploadnya ke youtube, jika video anda bermanfaat dan banyak dilihat oleh pengunjung, anda memiliki alternatif usaha dan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari hal tersebut.

Misal kita akan membuat video untuk channel kita, kita sesuaikan saja waktu yang kita punya. Kita bisa membaginya menjadi 3 hari sekali. 

Misalnya, 
  • hari pertama kita mencari ide dan persiapan untuk bahan video yang akan dibuat.
  • hari kedua, kita buat videonya
  • Di hari ketiga Kita edit video yang telah kita buat sebelumnya.
  • Dan dihari ke empat, kita upload dan promosikan di blog maupun akun sosial media milik kita.

Jualan online

Jualan online juga menjadi tren bisnis semenjak meningkatnya dunia internet ini. Anda bisa mencoba berjualan secara online, baik itu menjadi penjual langsung dari produk yang anda miliki, bisa juga menjadi reseller atau dropshipper. 

Sekarang ini jualan online sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan handphone, jadi sobat bisnisan yang Ibu rumh tangga pun pasti bisa melakukannya sebagai alternatif usaha dari jualan offline.

Freelancer

Frelancer juga sangat cocok bagi para ibu rumah tanga, mengingat tidak ada jam kerja yang dibuthkan dan bisa dilakukan kapan saja anda memiliki waktu luang. Namun hal itu tentu pada kategori dan tugas tertentu. Jadi pastikan memilih Job yang tidak memiliki deadline singkat.


Kursus online

Hal ini sama seperti kursus di poin bisnis offline, hanya saja disini dilakukan secara online. baik itu bisa menggunakan metode online streaming maupun video call group atau dengan metode yang lainnya.

Semisal sobat punya keahlian dibidang tertentu hasil belajar semasa kuliah, atau pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Maka alternatif usaha agar bisa menghasilkan uang adalah dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman tersebut menjadi sebuah konten yang bermanfaat, dibutuhkan, orang berani membayar untuk itu.

Dengan begitu, meskipun telah menjadi seorang ibu rumah tangga, sobat tetap bisa mendapatkan penghasilan dari apa yang pernah dijalani dulu.


Afiliasi marketing

Anda juga bisa menjadi seorang afiliasi marketer dengan menjual produk digital seperti yang ada di amazon dan mendapatkan penghasilan dari komisi penjualan anda. 

Namun untuk mengikuti bisnis ini, kita akan membutuhkan banyak waktu untuk melakukan promosi, mengingat jumlah persaingan dalam bisnis ini sangat tinggi, meski persaingannya berat, bukan berarti tidak memiliki peluang. 

usaha sampingan ibu rumah tangga

usaha sampingan ibu rumah tangga

Membuka jasa menjahit

Jasa menjahit bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang tepat bagi ibu rumah tangga, disamping bisa menyesuaikan waktu pengerjaan, penghasilan yang didapat dari tiap orderan cukup lumayan.

belajar menjahit juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan, sementara modal peralatannya masih bisa dikejar dengan cara menabung terlebih dahulu.


Jasa Dekorasi ruangan

Kebanyakan dari wanita selalu menyukai kerapihan, tidak suka berantakan, dan penataan sesuatu yang tepat. Kalo sobat termasuk salah satu yang senang berkreasi dalam menata ruangan di rumah sobat.

Kenapa tidak, tawarkan jasa tersebut kepada tetangga atau teman-teman sobat. Tak apa di awal memulai, memberikan pelayanan gratis untuk satu sampai beberapa orang pertama, untuk mengambil dokumentasi sebagai bukti dan bahan promosi kepada yang lainnya.

Setelah itu, sobat bisa memberikan diskon kepada pelanggan baru sebelum akhirnya menetapkan harga standar ketika usaha sampingan ini sudah berjalan dengan baik.

Desainer Grafis

Memiliki keahlian dalam bidang desain? jadikan hal tersebut aset jangka panjang bagi sobat. Sekarang ini kita bisa menjual ide dan kreasi yang kita miliki melalui melalui media online. Ada banyak alternatif usaha yang bisa dikerjakan berdasarkan keahlian ini.

Selain menjual hasil kreatifitas kita, kita juga bisa membuka jasa desain di website atau media sosial milik kita sebagai usaha sampingan. semakin banyak portfolio hasil kerja yang kita miliki, semakin cepat kita mendapatkan peluang bisnis lebih banyak dan lebih besar.

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal


usaha rumahan ibu rumah tangga tanpa modal

Menjadi Pemandu Wisata

Kemampuan bahasa asing bisa sangat berguna untuk jenis usaha seperti ini. Tanpa harus mengeluarkan modal, kita bisa mendapatkan penghasilan mengandalkan kefasihan bahasa asing kita. 

Selain itu, yang tinggal disekitaran area wisata. Usaha sampingan tanpa modal ini sangat cocok untuk bagi sobat. Kenapa tidak untuk mecoba mempromosikan diri membuka jasa menjadi pemandu wisata di facebook atau sosial media lainnya.

Buka Jasa cuci dan setrika

Cucian yang terus menumpuk membuat sebagian orang ditambah lagi harus menyetrika setelahnya, terkadang menjadi malas untuk mengerjakannya, sekalipun mereka memiliki mesin cuci sendiri. 

Hal ini bisa dijadikan usaha sampingan bagi sobat bahkan bisa tanpa modal sama sekali.

Banyaknya usaha laundry yang berkembang saat ini tidak menutup peluang anda menjalankan bisnis ini, terlebih ketika anda telah memiliki pelanggan tetap. Usaha tersebut malah bisa anda kembangkan dengan membuka Laundry sendiri.

Bisnisan Jasa Pijat dan refleksi

Dengan bermodalkan kedua tangan saja yang disertai keahlian tentunya, sobat sudah bisa menghasilkan uang dari hal tersebut. Masalah waktu pun bisa disesuaikan dengan kesibukan anda sebagai ibu rumah tangga dan kesepakatan dengan pelanggan. 

Namun sebagai ibu rumah tangga, agar tidak menjadi permasalahan di keluarga ada baiknya untuk tidak memijat lawan jenis, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


masih ada banyak lagi ide bisnisan lainnya, namun kita cukupkan dulu sampai disini mengenai bahasan alternatif usaha untuk ibu rumah tangga. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan komentar dan terimakasih sudah berkunjung. Salam Bisnisan.
LihatTutupKomentar