Domain Adalah - Panduan Dasar Domain yang Jarang di Ungkap

Panduan Dasar Domain yang Jarang di Ungkap oleh Bisnisan.net. Domain adalah salah satu elemen penting bagi sebuah website, terlebih lagi ketika hal itu digunakan sebagai sarana penunjang branding bisnis anda. 


Oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai domain secara mendasar kami juga akan menjelaskannya dalam bahasa yang mudah dipahami.


apa itu domain


Apa itu Domain?

Domain adalah url yang mengidentifikasi sebuah website, domain juga bisa disebut sebagai alamat website.

Agar lebih mudah dimengerti, simak beberapa contoh berikut :

  • Bisnisan.net adalah domain dari website bisnisan, 
  • Facebook.com adalah domain dari website facebook,
  • wikiedia.org adalah domain dari website Wikipedia.

Dari contoh diatas mungkin sudah bisa langung memahami bagaimana maksudnya. Jika diilustrasikan kedunia nyata domain seperti sebuah alamat yang menunjukan dimana rumah anda.


Saat Anda memasukkan nama domain ke browser web, browser mengakses sesuatu yang disebut domain name server (DNS) untuk menemukan lokasi situs web terkait di internet, sehingga dapat mengambil situs web dan menampilkannya kepada Anda. Ini seperti mencari seseorang di buku telepon untuk mengetahui cara menelepon atau pergi ke rumahnya.


Bagaimana Membaca Nama Domain?

Setiap nama domain menyertakan domain level teratas (TLD) seperti .com .net, atau .org dan subdomain dari domain level teratas tersebut. Misalnya, coba lihat nama domain untuk situs web Bisnisan ini: Bisnisan.net . TLD-nya adalah .net dalam contoh ini, dan bisnisan adalah subdomainnya.


Secara keseluruhan, Bisnisan.net membentuk sebuah nama domain yang memenuhi syarat yang dapat Anda gunakan untuk mengunjungi situs web ini.


Nama domain juga dapat menyertakan subdomain tambahan. Misalnya, id.wikipedia.org adalah subdomain dari wikipedia.org, dan Anda dapat menggunakannya untuk mengunjungi Wikipedia versi bahasa Indonesia.



Jenis Top Level Domain ( TLD )

Kebanyakan orang sudah familiar dengan domain level teratas .org, .net, dan .com. Ini dikenal sebagai domain tingkat atas generik. Domain level teratas generik lainnya termasuk .id, .edu, .gov, .mil, dan yang lainya


TLD .com, .org, dan .net pada awalnya ditujukan untuk digunakan oleh perusahaan, organisasi, dan jaringan, tetapi penggunaannya sama sekali tidak dibatasi. Itu berarti Anda dapat menggunakan TLD ini untuk penggunaan apa pun yang Anda suka.


TLD .edu, .gov, dan .mil pada awalnya dimaksudkan untuk digunakan oleh lembaga pendidikan, penggunaan pemerintah, dan penggunaan militer. Mereka masih dibatasi untuk penggunaan tersebut, tetapi terutama digunakan hanya oleh Amerika Serikat.


Lebih dari 1.200 TLD generik tambahan telah ditambahkan ke set asli, termasuk .biz, .info, .club, dan lainnya.


Selain TLD generik, sebagian besar negara juga memiliki TLD sendiri. Ini disebut sebagai domain tingkat atas kode negara (ccTLD) dan sering kali dibatasi untuk digunakan oleh orang dan organisasi dalam negara yang bersangkutan.


Contoh nama domain dengan ccTLD adalah lazada.co.id dalam kasus ini co.id adalah ccTLD dan hanya tersedia untuk bisnis di indonesia. sedangkan lazada.co.id adalah domain lengkap yang bisa anda gunakan untuk mengunjungi situs Lazada.


Cara Kerja Nama Domain

Domain berfungsi dengan memungkinkan orang mengakses situs web dengan mengingat kumpulan kata atau karakter lain yang mudah, bukan rangkaian angka yang panjang. Setiap situs web di internet memiliki alamat protokol internet (IP) terkait yang terdiri dari rangkaian angka yang panjang, atau rangkaian panjang angka dan huruf.


Misalnya, berikut beberapa alamat IP yang terkait dengan Google.com:

  • Google.com IPv4: 74.125.136.139 
  • Google.com IPv6: 2607: f8b0: 4002: c03 :: 8a


Secara teknis Anda dapat mengetik 74.125.136.139 di browser web Anda untuk mengunjungi Google, tetapi apakah Anda benar-benar ingin mencoba mengingat nomor seperti itu?


Untuk mempermudah, browser web Anda terhubung ke server nama domain setiap kali Anda mengetik nama domain ke bilah alamat. Menggunakan contoh di atas, akan menemukan bahwa Google.com sesuai dengan alamat IP 74.125.136.139 dan kemudian memuat situs web yang sesuai.


Cara Mendapatkan Domain

Nama domain adalah tanggung jawab Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan, yang memberikan otoritas kepada pendaftar domain untuk mendaftarkan nama domain. Jika Anda ingin mendapatkan domain Anda sendiri, Anda harus melalui salah satu layanan registrar nama domain ( pendaftar nama domain ) .


Mendaftarkan nama domain adalah proses yang cukup mudah yang melibatkan pemilihan subdomain dan memasangkannya dengan TLD. Jika kombinasi yang Anda inginkan sudah digunakan, Anda dapat mencoba subdomain lain, atau mencoba TLD berbeda hingga Anda menemukan yang masih tersedia dan sesuai dengan kebutuhan anda.



Beli Domain Atau Sewa Domain?

Proses pendaftaran domain sering disebut sebagai membeli domain, tetapi ada perbedaan penting yang harus dibuat. Mendaftarkan domain lebih seperti menyewanya daripada membelinya.


Saat Anda mendaftarkan domain, Anda mendapatkan hak untuk menggunakannya selama masa sewa Anda. Dalam kebanyakan kasus, pendaftaran minimum adalah satu tahun. Jika Anda tidak memperbarui domain Anda, Anda kehilangan akses ke sana.


Sangat penting juga untuk memastikan bahwa nama Anda, atau bisnis Anda, benar-benar ada di pendaftaran domain. Jika Anda mendaftarkan domain Anda melalui desainer web, host web, atau pihak ketiga lainnya, mereka dapat memasukkan nama mereka pada pendaftaran, bukan milik Anda.


Jika itu terjadi, orang yang namanya sebenarnya ada di pendaftaran memiliki hak atas domain tersebut, bukan Anda. Mereka secara teoritis dapat mengarahkan domain ke situs web yang berbeda, menutupnya sama sekali, atau bahkan menjualnya.


Saat Anda mendaftarkan domain, dan nama Anda ada di pendaftaran, Anda memiliki hak penuh atas domain tersebut selama Anda membayar biaya perpanjangannya. Karena pelanggan atau pembaca Anda mengandalkan domain Anda untuk menemukan situs web Anda, mudah untuk melihat mengapa ini sangat penting.


Apa itu Registrar Nama Domain?

Sederhananya, registrar nama domain adalah layanan yang memungkinkan Anda mendaftar dan membeli nama domain. Pendaftar nama domain telah diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), yang merupakan organisasi nirlaba yang telah diberi tanggung jawab untuk mengelola Sistem Nama Domain.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanpa sistem nama domain, yang kita miliki hanyalah alamat IP yang membingungkan dan sulit diingat, daripada nama domain yang mudah digunakan dan diingat yang kita miliki saat ini.


Sebagian besar pendaftar nama domain saat ini membuatnya sangat mudah untuk membeli dan memperbarui nama domain Anda, tetap saja Anda harus memilih dengan bijak, karena setiap registrar memiliki sisi positif dan negatif yang terkait. Di bawah ini kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang perlu Anda perhatikan saat memilih registrar nama domain yang tepat untuk Anda.


Apa yang Dilakukan Pendaftar Domain?

Registrar domain pada dasarnya memberikan alat kepada konsumen untuk membeli dan mengelola nama domain. Perubahan ini dapat dilakukan dengan mudah dan melalui dasbornya yang mudah digunakan.


Semua catatan nama domain berada dalam database terpusat yang disebut registri. Untuk nama domain agar valid dan dikenali, itu harus ditambahkan ke database itu dengan semua informasi yang berkaitan dengan nama domain itu. Registrar domain diberikan izin oleh ICANN untuk mengedit dan membuat perubahan pada data dan informasi nama domain Anda di registri database terpusat.



Cara Memilih Registrar Nama Domain yang Tepat

Setelah Anda menemukan nama domain yang sempurna untuk kebutuhan Anda, Anda perlu berhati-hati dalam membelinya melalui pencatat yang tepat. Saat ini ada ratusan pendaftar nama domain untuk dipilih. Dan berikut adalah beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum anda membeli domain dari registrar domain.


1. Transfer Domain

Anda mungkin tidak ingin langsung mentransfer domain Anda (jika Anda telah melakukan riset), tetapi ini adalah sesuatu yang mungkin muncul di masa mendatang. Transfer domain adalah proses memindahkan domain Anda dari satu registrar ke registrar lain.


Pastikan Anda memeriksa detail transfer dalam polis Anda. Biasanya, Anda tidak dapat mentransfer domain selama 60 hari setelah pendaftaran. Beberapa pendaftar nama domain tidak mengizinkan transfer, atau mereka bahkan akan mengenakan biaya kepada Anda.


Di sisi lain, beberapa registrar memungkinkan transfer domain Anda dengan mudah, semuanya tanpa biaya tambahan.


2. Kontrak dan Harga

Ini mungkin fokus Anda yang paling langsung. Saat mencari melalui berbagai pendaftar nama domain, Anda akan menemukan berbagai opsi harga. Sebagai permulaan, Anda biasanya dapat mendaftarkan domain Anda untuk jangka waktu satu, tiga, lima, atau bahkan sepuluh tahun. Dalam beberapa kasus, Anda dapat melakukannya lebih lama.


Jika ini adalah pertama kalinya Anda mendaftarkan domain, kami biasanya menyarankan untuk mendaftarkan nama domain selama setahun. Anda biasanya dapat mengaktifkan perpanjangan otomatis, sehingga domain Anda tidak kedaluwarsa, dan ini akan memberi Anda kebebasan untuk beralih pendaftar jika diperlukan.


Pastikan Anda memeriksa semua biaya terkait dalam menangani transfer domain, biaya perpanjangan, dan biaya tambahan apa pun yang mungkin dikenakan.


3. Dukungan Pelanggan

Anda pasti ingin staf dukungan mereka ada di pihak Anda. Anda pasti tidak suka berebut untuk menghubungi dukungan saat ada yang salah dengan situs Anda. Anda ingin memastikan dukungan mereka responsif dan membantu sebelum Anda benar-benar membutuhkannya.


Saat memeriksa berbagai tingkat dukungan, Anda dapat membaca ulasan dari pelanggan sebelumnya dan saat ini secara online, atau memasukkan permintaan dukungan dan melihat seberapa cepat mereka menangani pertanyaan Anda.


4. Layanan Tambahan

Banyak pendaftar akan menawarkan layanan web tambahan lebih dari sekadar memungkinkan Anda mendaftarkan nama domain . Jika Anda ingin menghosting nama domain Anda, membangun situs Anda, dan membeli sertifikat lain, maka banyak pendaftar nama domain dapat membantu Anda melakukannya juga.


Jadi, jika Anda mencari registrar nama domain all-in-one dan lebih memilih untuk menyimpan semuanya di bawah satu atap, Anda juga ingin membandingkan harga layanan bundel ini.


5. Drop Catching

Kadang-kadang Anda mungkin lupa untuk memperbarui pendaftaran nama domain Anda, atau kartu kredit Anda pada file mungkin kedaluwarsa. Ini menyebabkan domain Anda kedaluwarsa dan dibuka untuk dibeli orang lain. Terkadang domain Anda dapat dibeli oleh pesaing lain di ruang Anda, atau dapat dibeli secara tidak sengaja.


Apapun alasannya, kini domain tersebut tidak lagi Anda miliki, yang berarti masa depan situs Anda, dan bisnis Anda dalam bahaya.


Sekarang, banyak pendaftar domain menawarkan layanan yang menahan domain untuk Anda selama jangka waktu tertentu untuk mencegah hal ini terjadi. Setidaknya registrar yang Anda pilih harus mengirimkan pengingat bahwa domain Anda sudah kedaluwarsa, sebelum benar-benar terjadi.


Hati-hati ! Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Registrar Nama Domain

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa fitur utama yang ingin Anda perhatikan, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa hal yang ingin Anda perhatikan. Beberapa di antaranya mungkin agak sulit dilacak, dan Anda harus melihat detailnya. Karena itu, itu akan sangat berharga, dan Anda akan mendapatkan pilihan pencatatan domain yang lebih baik.


1. Biaya Tambahan


Beberapa pendaftar domain akan mengenakan biaya tambahan sama seperti Anda akan membeli nama domain Anda. Biaya tambahan yang paling umum adalah pendaftaran WHOIS dan perlindungan privasi. Jadi, ketika Anda melihat domain diiklankan dengan harga super murah, ini mungkin tidak selalu menjadi harga akhir.


Sebelum Anda menyelesaikan pembelian, pastikan Anda tidak membayar terlalu banyak untuk domain Anda. Banyak pendaftar domain sangat berterus terang dengan harga mereka dan tidak mengenakan biaya tambahan, apa yang Anda lihat jika Anda dapatkan.


Anda juga ingin berhati-hati terhadap upsell yang mungkin secara tidak sengaja ditambahkan ke total Anda, seperti web hosting tambahan , pendaftaran domain multi-tahun, dan lainnya.


2. Biaya Transfer


Anda mungkin tidak ingin tetap menggunakan registrar Anda saat ini selamanya. Atau, mungkin Anda pada akhirnya berencana menjual domain Anda saat ini. Apa pun alasan Anda ingin mencari biaya transfer tersembunyi.


Beberapa pendaftar domain akan melakukan ini secara gratis, sementara yang lain akan mengenakan sedikit biaya. Pastikan biaya mereka dikomunikasikan dengan jelas sebelum Anda akhirnya mendaftar di layanan tersebut.


3. Pengalaman Pengguna yang Buruk


Setelah Anda memiliki nama domain yang Anda miliki, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan dan menjalankan situs Anda, seperti, menyiapkan server DNS, menginstal CMS seperti WordPress , dan membuat alamat email terkait. .


Ini bisa sangat memusingkan jika sistem manajemen domain mereka sulit digunakan. Jika ini pertama kalinya Anda membeli domain, pilih registrar domain yang ramah pengguna.


Memilih registrar nama domain yang tepat bukanlah sesuatu yang Anda ingin anggap enteng. Semoga dengan uraian di atas membuat anda jadi lebih paham dan lebih bisa menentukan domain seperti apa yang sebenarnya cocok untuk anda.


Sumber1, Sumber2

LihatTutupKomentar