Affiliate Marketing Adalah - Pemula Bisa Langsung Paham!

Affiliate Marketing Adalah - Pemula Bisa Langsung Paham! oleh Bisnisan.netMudahnya Affiliate marketing adalah Afiliasi marketing, Afiliasi marketing adalah pemasaran afiliasi, pemasaran afiliasi adalah kerjasama pemasaran, atau lebih sederhananya lagi katakanlah calo online atau makelar online, karena produk yang di jual umumnya adalah produk digital.


Jika dikatakan calo atau makelar, umumnya dari kita bisa langsung faham. Karena hal tersebut sering kita jumpai atau kita dengar dalam kehidupan sehari-hari dan secara garis besarnya memang hampir mirip seperti itu, namun dalam dunia internet marketing hal itu bisa dikatakan menjadi lebih spesifik lagi. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian berikut.


Catatan : Karena istilahnya berbeda-beda namun maksudnya sama, dalam artikel ini "Affiliate marketing" akan menggunakan kata "afiliasi marketing" agar tidak terjadi banyak pengulangan kata.


Afiliasi Marketing


Panduan Afiliasi Marketing untuk pemula

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing atau Afiliasi marketing adalah sebuah sistem kerjasama di mana Anda memperoleh komisi untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan lain.


Afiliasi marketing terkadang juga dikenal sebagai pemasaran CPA. Meskipun ini adalah bentuk periklanan online, afiliasi marketing jauh berbeda dengan banner iklan di layanan publisher iklan. Tidak seperti banner iklan, yang memperoleh pendapatan berdasarkan BPK (biaya per klik), afiliasi marketing didasarkan pada CPA (biaya per tindakan).

Singkatnya, saat Anda meng-host spanduk iklan, Anda dibayar setiap kali pengunjung situs Anda mengklik atau bahkan melihat iklan tersebut.

Di sisi lain, dengan afiliasi marketing, Anda tidak dibayar kecuali seorang pengunjung "di konversi".

Biasanya, konversi didefinisikan sebagai pembelian yang dilakukan oleh prospek (pengunjung situs Anda). Tetapi beberapa merchant mendefinisikan "konversi" secara berbeda. Ini bisa menjadi lebih rumit misalnya pelanggan tidak hanya membeli produk tetapi juga melakukan tindakan tertentu setelah pembelian itu dilakukan.


Daftar Istilah dalam afiliasi marketing

Seperti topik apa pun, afiliasi marketing memiliki istilahnya sendiri. Agar lebih mudah memahami kita rincikan istilah - istilah yang sering muncul dalam bisnis afiliasi marketing agar mudah difahami.


  • Merchant - Bisnis yang menjual produk.
  • Produk - Item yang dijual oleh merchant dan dipromosikan oleh afiliasi.
  • Affiliate / Afiliasi marketer - Pihak ketiga yang mempromosikan produk merchant. Juga dikenal sebagai penerbit, rekanan, atau mitra.
  • Super Affiliates - Afiliasi dengan kinerja tertinggi. Biasanya, kurang dari 20% afiliasi adalah afiliasi super, namun mereka menghasilkan 80% dari semua konversi.
  • Affiliate Link / Link Afiliasi - Juga disebut tautan pelacakan. Ini adalah URL unik yang melacak klik dan konversi dari afiliasi.
  • Conversion / Konversi - Peristiwa yang ditentukan oleh merchant yang dianggap dibayarkan kepada afiliasi. Ini bisa berupa apa saja yang ditentukan oleh merchant tetapi biasanya merupakan petunjuk atau pembelian produk merchant.
  • Prospect / Prospek - Seorang individu yang melakukan konversi dengan merchant. Juga dikenal sebagai prospek, pelanggan, atau klien.
  • Affiliate Network - Jaringan Affiliasi / Perantara opsional antara merchant dan afiliasi yang membantu memfasilitasi perdagangan.
  • Affiliate Manager - Seseorang yang bekerja dengan afiliasi sebagai perantara dengan merchant. Tujuan mereka adalah untuk memaksimalkan kinerja program afiliasi.
  • Affiliate Program - Pengaturan di mana merchant membayar komisi kepada afiliasi.
  • Offer / Penawaran - Promosi khusus suatu produk.
  • Click Through Rate ( CTR ) / Rasio Klik-Tayang (RKT) - Persentase klik tautan afiliasi per jumlah tayangan halaman web.
  • Conversion Rate (CR) - Persentase klik yang dikonversi.
  • Cost Per Action (CPA) - Model komisi di mana merchant membayar afiliasi hanya untuk konversi.
  •  Cost Per Click / Biaya per Klik (BPK) - Model komisi di mana merchant membayar afiliasi hanya untuk klik. Biasanya digunakan dengan spanduk iklan, bukan afiliasi marketing.
  • Postback URL - URL yang digunakan untuk pelacakan konversi sisi server; juga disebut pelacakan server-ke-server.
  • Pixel - Gambar tersembunyi yang melacak saat peristiwa tampilan halaman web terjadi. Dalam konteks afiliasi marketing, piksel melacak saat terjadi konversi. Alih-alih gambar, saat ini, piksel biasanya merupakan potongan kode JavaScript yang disematkan di halaman web.
  • SubID - String teks yang disematkan sebagai bagian dari tautan afiliasi yang ditentukan oleh afiliasi dan digunakan untuk melacak konversi oleh afiliasi.
  • Creative / Materi Iklan - Gambar atau teks spanduk iklan yang digunakan oleh afiliasi untuk mempromosikan produk merchant.
  • Copy / Salin - Teks tertulis yang membantu mempromosikan produk merchant.
  • Co-branding - Contoh di mana logo afiliasi, salinan, atau merek muncul di halaman arahan merchant.
  • Landing Page - Halaman web yang berisi konten promosi dan link afiliasi yang nantinya mengarah pada merchant.
  • Ad Blocker / Pemblokir Iklan - Teknologi browser web yang dapat mencegah pelacakan klik dan konversi afiliasi. Selain itu juga dapat mencegah tampilnya spanduk iklan.
  • Atribution / Atribusi - Proses mengidentifikasi dengan benar afiliasi mana yang menghasilkan konversi.
  • Charge Back - Konversi tidak valid yang mengakibatkan komisi afiliasi hangus.
  • Commission / Komisi - Pendapatan yang diperoleh afiliasi untuk menghasilkan konversi. Ini juga dikenal sebagai biaya rujukan, biaya pencari, atau hadiah.
  • Cookies - Informasi yang disimpan di browser web prospek untuk mengidentifikasi kunjungan tersebut. Dengan afiliasi marketing, cookie digunakan untuk melacak klik tautan afiliasi dan potensi konversi.
  • Link Cloaking - Menyembunyikan link afiliasi dengan URL yang tampak lebih bersih daripada yang disediakan oleh merchant. Penyelubungan tautan dapat digunakan untuk mengelola tautan dengan lebih baik serta melacak klik dan konversi. 


Cara Kerja afiliasi marketing

Secara garis besar cara kerja afiliasi marketing adalah sebagai berikut :

  1. Seorang pengunjung blog Anda membaca artikel di situs web Anda.
  2. Pengunjung kemudian mengklik tautan afiliasi, yang mengarahkan pengunjung ke situs web merchant.
  3. Di situs merchant, pengunjung kemudian melakukan konversi yang diinginkan.
  4. Afiliasi dikreditkan untuk konversi.

Cara Mendapatkan Link Afiliasi

Link afiliasi tidak bisa didapat begitu saja. Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke program afiliasi merchant . Program itu bisa ada langsung dengan Merchant atau, dalam banyak kasus, melalui jaringan afiliasi.


Merchant dapat memberi Anda tautan melalui dua metode - baik program afiliasi internal atau jaringan. Sebagian besar afiliasi bekerja dengan pedagang melalui program jaringan afiliasi.


Jaringan Afiliasi

Program jaringan afiliasi melibatkan kerja sama dengan pihak ketiga untuk mengelola hubungan Anda dengan merchant. Umumnya, jaringan afiliasi mengelola komunikasi, tautan afiliasi, pelacakan, pelaporan, dan pembayaran.


Jika dalam dalam dunia jual beli Jaringan afiliasi adalah marketplace yang menyediakan lapak namun bukan untuk pedagang dan pembeli, melainkan merchant adalah supplier dan kita sebagai distributor.


Jaringan afiliasi biasanya memiliki ribuan merchant untuk dipilih. Anda bergabung dengan jaringan afiliasi dan kemudian mendaftar ke setiap program merchant individu. Beberapa diantaranya ada yang secara otomatis langsung disetujui, dan ada juga yang melakukan peninjauan terlebih dahulu kemudian menyetujui afiliasi baru secara manual.


Setelah disetujui, Anda akan memiliki akses ke tautan atau link afiliasi khusus yang unik untuk Anda. Tautan unik ini dapat ditempatkan di mana pun Anda ingin mempromosikan produk merchant itu. Bisa di blog Anda, di email, di saluran YouTube Anda, dll.


Jaringan afiliasi memiliki banyak keunggulan dibandingkan program afiliasi internal diantaranya:

  • Mereka bertindak sebagai perantara antara Anda dan merchant.
  • Mereka memastikan pembayaran komisi tepat waktu.
  • Mereka memungkinkan Anda bekerja dengan ribuan merchant dengan satu dasbor.
  • Mereka berfungsi sebagai auditor konversi merchant untuk memastikan semuanya berjalan lancar.
  • Mereka dapat menjamin pelacakan yang lebih akurat dari klik dan konversi afiliasi.
  • Mereka memberi Anda pelaporan yang lebih baik daripada program afiliasi internal.


Program Afiliasi Internal

Dengan program afiliasi internal, Anda biasanya bekerja lebih dekat dengan merchant dan memiliki hubungan yang lebih erat.


Sama seperti jaringan afiliasi, Anda mendapatkan tautan afiliasi dari program afiliasi merchant. merchant tersebut bertanggung jawab atas pelacakan konversi. Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah merchant menipu konversi dan bergantung pada merchant untuk pembayaran tepat waktu.


Keuntungan dari hubungan internal:

  • Hubungan yang lebih dekat dengan merchant
  • Pembayaran biasanya lebih tinggi daripada yang tersedia melalui program afiliasi jaringan publik
  • Pilihan yang lebih fleksibel untuk meningkatkan tingkat konversi

Bagaimana Para Affiliate Marketer Dibayar?

Sebagai afiliasi marketer, Anda mendapatkan kredit saat terjadi konversi. Seberapa sering Anda dibayar dan metode pembayaran bergantung pada kebijakan program afiliasi.


Jaringan afiliasi biasanya lebih baik dengan pembayaran dan jadwal yang teratur. Hampir semua jaringan membutuhkan pembayaran sesuai jadwal (hampir selalu setiap bulan), jika tidak, program mereka akan ditutup sampai pembayaran kembali dilakukan terkini.


Ini adalah perbedaan penting dari program afiliasi internal. Meskipun pembayaran dan hubungannya lebih baik, pembayarannya mungkin tidak tepat waktu. Tidak jarang departemen AR perusahaan besar melakukan pembayaran dengan jadwal bersih 90 hari. Ini berarti Anda harus menunggu 90 hari sampai Anda dibayar untuk konversi yang terjadi tiga bulan lalu.

Pertimbangkan potensi masalah ini jika merchant Anda adalah pembayar yang lambat atau membutuhkan penagihan faktur lama.


Sebagian besar jaringan afiliasi menawarkan metode pembayaran elektronik - biasanya setoran langsung atau PayPal. Di sisi lain, hubungan langsung di sisi lain hanya mendukung pembayaran langsung. 


Cara Memulai bisnis Afiliasi Marketing

Sekarang setelah kita mengetahui beberapa pertanyaan dasar dan terminologi, mari kita bahas langkah-langkah untuk memulai sebagai pemasar afiliasi.


1. Pilih niche Anda

Langkah pertama - dan paling penting - afiliasi marketing adalah memilih niche yang tepat bagi Anda.

Idealnya, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan topik yang Anda minati. Lebih penting lagi, niche Anda harus bermanfaat. Sebagai seorang pengusaha, Anda ingin menjadi pemecah masalah. Jika Anda memiliki masalah, pasti orang lain juga!


Anda tidak membuat bisnis untuk membantu diri Anda sendiri. Anda menciptakan bisnis untuk membantu orang lain.


Inilah kesalahan umum yang dilakukan pengusaha. Mereka berpikir, "Saya akan memulai bisnis untuk menjadi kaya." Ya, Anda bisa menjadi kaya, tetapi itu hanya efek samping dari membantu orang lain dalam prosesnya. Semakin banyak orang yang Anda bantu, semakin besar penghasilan Anda.


Kesalahan umum lainnya adalah memilih niche yang tidak memiliki persaingan. Seseorang mungkin berpikir bahwa, untuk sukses dalam bisnis, adalah harus menciptakan ide bisnis paling rumit yang tidak terpikirkan oleh orang lain.


Tidak ada yang namanya ide unik di internet. Ketika anda memikirkannya, orang lain mungkin telah melakukannya.

Yang penting bukanlah seberapa unik ide Anda, tetapi seberapa baik Anda menjalankannya.

Anda bisa memilih niche yang populer tetapi yang Anda rasa memiliki peluang untuk berkembang.  Jika menurut Anda semua telah dikatakan tentang niche itu, dan bahwa tidak ada sudut unik tentang topik atau fungsi baru yang dapat Anda tambahkan ke blog, mungkin pasar itu sudah jenuh. Mungkin ini bukan ide yang bagus untuk sebuah niche.


Kesalahan umum lainnya adalah membuat niche terlalu luas. Ini terutama benar ketika Anda baru memulai.

Katakanlah Anda memilih niche membuat peralatan dapur. Ini topik yang terlalu luas. Ya, mungkin volume pencarian ada di sana, tetapi terlalu luas untuk menentukan peringkat artikel.


Sebagai gantinya, saya akan merekomendasikan mendaftarkan nama domain yang mencakup topik yang luas, tetapi itu cocok dengan satu atau mungkin dua niche tertentu untuk memulai. Anda selalu dapat mengembangkannya nanti.

Jika topik Anda ada di seluruh peta, topik tersebut tidak akan membantu Anda dengan audiens atau Google.

Untuk melanjutkan contoh peralatan dapur sebelumnya, anda bisa mempersempit niche tersebut menjadi dua topik - pisau dan talenan. Tidak hanya subjeknya cukup sempit, tetapi juga saling melengkapi.


2. Mulai Blog

Setelah Anda menentukan niche Anda, langkah selanjutnya adalah membuat blog Anda. Seperti yang pernah kita bahas di bahwa blog bisa menjadi ladang untuk menghasilkan uang, meskipun mungkin saja anda melakukan afiliasi marketing tanpa blog, namun itu tidak disarankan. Anda ingin blog dan lalu lintas pencarian organik Anda menjadi strategi inti afiliasi marketing.


Ya, Anda dapat menghasilkan uang dengan YouTube atau Pinterest, tetapi Anda bukan pemilik chanel ini.


Anda memiliki blog dan mengontrolnya. Anda hanya dapat menyewa chanel lain, seperti media sosial. Anda bisa menjadi bintang Instagram, tetapi jika mereka memutuskan tidak lagi menyukai Anda, bisnis Anda bisa menghilang dalam semalam.


Hal ini sering di alami oleh pemasar afiliasi lainnya. Jangan membangun fondasi bisnis Anda di atas pasir hisap.

Pikirkan blog sebagai hub sepeda. Hub adalah blog Anda. Juru bicara adalah saluran seperti email, trafik berbayar, Facebook, Instagram, YouTube,  push notification, dan sejenisnya. Media tersebut adalah sarana untuk menarik pengunjung ke blog Anda.


3. Buat Konten

Karena inti bisnis Anda adalah blog, Anda ingin membuat konten di dalamnya. SEO (Search Engine Optimization) adalah metode yang direkomendasikan untuk menarik pengunjung ke blog Anda. Meskipun Anda ingin membuat cara lain untuk membangun audiens, penelusuran organik masih menjadi metode utama.


Menurut penelitian GrowthBadger, sebagian besar lalu lintas ke situs web berasal dari penelusuran organik. Karena Google adalah mesin pencari No. 1 sejak lama, itu berarti Anda harus berada di Google agar dapat ditemukan. Ya, Anda dapat fokus pada media sosial, podcast, dan lalu lintas berbayar, tetapi jika Anda tidak berfokus pada SEO, Anda akan kehilangan banyak sekali audiens.


Untuk langkah ini, saya sarankan untuk membuat setidaknya 25 artikel sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya. Ini seharusnya bukan posting 200 kata pendek, tetapi artikel panjang dan mendalam yang berkaitan dengan niche Anda. Jika Anda ingin membahas topik menurunkan berat badan, jangan menulis artikel tentang kucing Anda. Tetap di jalur Anda dan tulis tentang niche yang ingin Anda buat.


Anda tidak dapat melewati langkah ini. Anda memerlukan situs web yang lengkap bahkan sebelum Anda berpikir untuk melamar program afiliasi. Jika blog Anda tidak memiliki konten, Anda tidak hanya tidak memiliki audiens, tetapi Anda akan memiliki sedikit peluang untuk disetujui oleh manajer afiliasi.


Karena itu, rencanakan minimal 25 artikel yang ingin Anda tulis sebelum Anda mulai menulisnya. Buat artikel keystone yang mudah diberi peringkat. Jika Anda dapat membeli alat penelitian kata kunci seperti Ahrefs, saya sangat menyarankan untuk melakukannya. Alat research kata kunci sangat berharga. Dan ada beberapa opsi gratis yang tersedia.


Hasil Google Ads, Google Trends, dan mesin telusur Google sendiri adalah alat gratis yang hebat untuk menemukan topik yang akan ditulis. Kursus SEO untuk Penulis saya memberi tahu Anda cara menggunakan layanan ini secara gratis, dan jenis konten apa yang harus Anda tulis dan cara menulis konten agar Anda ditemukan oleh Google.


4. Bangun Audiens Anda

Langkah selanjutnya adalah membangun audiens Anda. Tidak hanya melalui optimasi SEO, tetapi dengan menggunakan chanel yang berbeda. Anda memiliki opsi ini hari ini:

  • Email
  • Youtube
  • Podcast
  • Indonesia
  • Facebook
  • Instagram
  • LinkedIn
  • Quora
  • Reddit
  • Trafik berbayar


Daftarnya terus bertambah.

Idealnya, Anda ingin membangun basis penggemar pengunjung berulang ke blog Anda. Statistik menunjukkan bahwa dibutuhkan lebih dari satu titik kontak sebelum pengunjung berkonversi. Data menunjukkan bahwa dibutuhkan delapan hingga 12 kunjungan sebelum pengunjung cukup mempercayai Anda.


5. Mendaftar untuk Program Afiliasi

Hanya setelah Anda menyelesaikan empat langkah pertama, Anda baru dapat melanjutkan ke langkah ini. Mendaftar untuk program afiliasi sebelum Anda membereskan rumah sama seperti membangun rumah sebelum fondasi beton mengeras.


Secara efektif, Anda menjadi "mitra" dengan corong penjualan merchant. Tetapi tidak semua program afiliasi dapat dibuat sama.

Untuk menghindari memilih yang salah, kami menyarankan program afiliasi marketing terbaik untuk rujukan bagi para pemula ( Nantikan Updatenya ) . Di program afiliasi yang kami rekomendasikan, Anda dapat menjual produk atau layanan apa pun melalui blog Anda.


Bergantung pada niche pasar Anda, Anda juga boleh mempertimbangkan untuk mendaftar dengan merchant yang tidak termasuk dalam rekomendasi kami.


Bagaimana Anda tahu jika merchant memiliki program afiliasi? ketik saja di Google "afiliasi / affiliate [nama brand]" atau "program partner [nama brand]."


Banyak merchant tidak mengiklankan program afiliasi mereka. Daripada mendapatkan masuknya pendaftar afiliasi baru, mereka lebih suka menyimpannya diam-diam. Dan untuk merchant ini, Anda harus menghubungi mereka secara langsung dan menanyakan apakah mereka memiliki program afiliasi.


Anda mungkin bisa melakukan hal tersebut. Namun, kami tidak merekomendasikan opsi ini terutama ketika anda sama sekali belum pernah mengikuti program afiliasi apapun. Hal tersebut bisa anda coba ketika anda telah banyak pengalaman dan telah unggul di niche Anda.


6. Selamat Berjuang

Ini adalah langkah-langkah dasar untuk memulai afiliasi marketing. Ya, ada banyak detail lain yang belum disertakan, tetapi ini adalah fondasi yang kokoh di mana Anda dapat membangun dengan topik yang lebih maju dalam afiliasi marketing.


Itulah kurang lebih panduan affiliasi marketing yang bisa kami paparkan. Intinya, bisnis afliasi marketing ini tidaklah mudah. Ini adalah bisnis nyata yang harus Anda anggap serius dan bekerja keras agar bisa menghasilkan. Namun, jika Anda memilih dan fokus pada niche, membuat konten berkualitas, dan membangun hubungan yang baik dengan beberapa afiliasi terkemuka, Anda bisa menjadi sangat sukses dalam afiliasi marketing ini..


Sumber


LihatTutupKomentar