16 Kesalahan Afiliasi Marketing Pemula dan Solusinya

16 Kesalahan Afiliasi Marketing Pemula dan Solusinya oleh Bisnisan. Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan dari afiliasi marketing? Jika jawabannya ya, maka Anda harus berhati-hati tentang kesalahan yang bisa terjadi selama Anda dalam afiliasi marketing. 


Sekarang kami akan menunjukkan beberapa kesalahan afiliasi marketing pemula yang umum dan Anda harus menghindari kesalahan tersebut.


Kesalahan afiliasi marketing


'Affiliate' adalah salah satu kata kunci yang terjadi di dunia saat ini. Jika Anda mencari di mesin pencari dengan mengetik 'cara menghasilkan uang online', Anda mungkin akan menemukan afiliasi marketing di halaman pertama. Sekarang, hampir semua perusahaan terkemuka menawarkan komisi khusus untuk afiliasi yang mereka harapkan. Ini adalah platform bisnis paling menjanjikan saat itu. Itulah mengapa saya di sini untuk menulis tentang konteksnya sehingga orang-orang dapat menemukan sesuatu yang dapat dimengerti tentang topik tersebut. Sebelum saya masuk lebih dalam, saya harus membahas beberapa dasar-dasar afiliasi marketing.


Apa itu Afiliasi Marketing?

Secara umum, afiliasi marketing adalah salah satu metode untuk menghasilkan uang secara online melalui mempromosikan produk seseorang atau perusahaan. Dengan kata lain, Anda sebagai afiliasi marketer, apa yang Anda lakukan? Anda baru saja bergabung dengan jaringan besar dan mempromosikan produk mereka ke pelanggan potensial melalui internet. 


Di setiap kali Anda menghasilkan penjualan, biasanya itu dilacak oleh tautan afiliasi unik, dan hasilnya, Anda mendapat komisi. Komisi yang Anda dapatkan bisa tetap atau tentatif dan terkadang bervariasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya. 


Mengapa Memilih Afiliasi Marketing?

Afiliasi marketing adalah cara mudah untuk memulai dengan sedikit atau tanpa investasi dan menghasilkan uang dari awal dibandingkan dengan platform atau metode lain yang tersedia di pasar. Dalam afiliasi marketing, Anda tidak perlu bekerja keras karena Anda bekerja dengan produk yang didominasi.


Karena produk sudah menangkap seluruh pasar, Anda hanya perlu mempromosikan saja, tidak perlu menangkap pasar terlebih dahulu, Anda cukup mempromosikan produk di pasar yang didominasi. Anda juga tidak perlu membangun tingkat kepercayaan pelanggan Anda.


Yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang tepat untuk melakukan promosi. Anda tidak perlu memberikan layanan penjualan dan berurusan dengan pelanggan yang mengganggu. meski begitu, tetap harus di ingat bahwa afiliasi marketing ini memiliki kelebihan dan kekurangan sama halnya seperti bisnis yang lain..


Seberapa Mudah Menghasilkan

Meskipun bisnis afiliasi marketing itu mudah, namun ada banyak orang di luar sana yang sebenarnya tidak menghasilkan uang yang layak dari afiliasi marketing. 


Sekarang, satu pertanyaan biasanya muncul, apa alasan kegagalan mereka dalam menghasilkan uang melalui blog. Pasalnya, kebanyakan orang biasanya melakukan kesalahan sepele yang pada akhirnya berubah menjadi pukulan besar.


Selain kebijakan milik penyedia layanan, tidak ada aturan pasti untuk afiliasi marketing. Apa yang berhasil untuk seseorang mungkin tidak berhasil untuk Anda. Namun, kami menemukan banyak pemula melakukan beberapa kesalahan umum saat memulai afiliasi.

Disclaimer : Solusi yang kami bagikan kepada Anda bukanlah satu-satunya cara untuk menyelesaikan setiap masalah. Anda dapat mencoba dan membuat sesuatu yang berbeda untuk menyelesaikan masalah tersebut.


16 Kesalahan Umum Pemula Dalam Bisnis Afiliasi marketing dan Solusinya


1. Berpikir bahwa Mereka Sudah Tahu

Hal ini terjadi dalam kasus blogger pemula, di awal karir mereka yang mereka pikir sudah cukup tahu tentang afiliasi marketing. Menempatkan kecenderungan memiliki pengetahuan yang cukup pada subjek tertentu membuat mereka benar-benar menghilangkan peluang untuk memperoleh pengetahuan baru.


Konten marketing bisa berubah dengan cepat, prosesnya telah banyak berubah. Di internet, ada banyak pelatihan gratis tentang afiliasi marketing tetapi masalahnya banyak di antaranya yang sekarang sudah tidak relevan lagi. Hal-hal itu mungkin berhasil beberapa tahun yang lalu tetapi sekarang tidak ada dampaknya dalam dunia pemasaran konten saat ini.


Solusi:-

Disarankan agar Anda tetap terbuka terhadap hal-hal baru dan selalu berusaha beradaptasi dengan perubahan melalui pembelajaran. 


  2. Memilih Niche yang Tidak Sesuai

Tentu saja niche adalah faktor terpenting dalam memulai bisnis afiliasi marketing. Meskipun banyak ahli mengatakan bahwa afiliasi marketing dapat bekerja untuk niche apa pun, tetapi setiap niche sesuai dengan produk afiliasi.


Pertama-tama, buat daftar setelah menganalisis pasar dan kemudian coba pilih niche dari daftar yang sesuai dengan minat Anda.


Ada beberapa niche di mana pembaca hanya mencari informasi cepat dan niche ini tidak dimaksudkan untuk membeli produk apa pun. Beberapa contoh niche tersebut seperti :

  • Berita olahraga
  • Crack software
  • Cheat Game
  • dll

Solusi:-

Situs-situs ini untuk pengunjung sementara, biasanya pengunjung di sini hanya melihat-lihat untuk mengambil beberapa informasi. Meskipun situs ini menghasilkan lalu lintas, mereka lebih cocok untuk periklanan kontekstual. Karenanya, lebih baik untuk menghindari niche itu jika tujuan Anda adalah afiliasi marketing.


 3. Selalu Mencari Produk yang Mahal

Memang benar kebanyakan jika produk yang lebih mahal berarti komisi yang lebih besar, tetapi apakah produk yang lebih mahal ini dapat bersaing dengan rasio konversi yang wajar?


Anda harus tahu bahwa meskipun produk yang lebih mahal memiliki komisi yang lebih baik tetapi pembeli mereka sangat terbatas. Selain itu, orang-orang jarang membeli produk tersebut.


Di sisi lain, produk dengan harga rata-rata memiliki pelanggan dan penjualan yang lebih teratur.


Satu statistik sederhana yang menunjukkan, untuk mendapatkan $ 100 dari kategori produk $ 1ooo dibutuhkan satu kali penjualan dan komisinya lebih sedikit. Di sisi lain, untuk menghasilkan $ 1000 dari kategori produk rata-rata, Anda perlu menjual 10 produk secara total dan komisinya akan lebih tinggi daripada yang sebelumnya. 


Dalam hal ini, kategori kedua lebih menguntungkan dengan tingkat konversi yang tinggi. Selain itu, situs Anda pada akhirnya akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.


Solusi:-

Pertama-tama, hindari produk dengan harga tinggi karena Anda hampir tidak akan mendapatkan klien untuk membeli produk tersebut. Iklankan produk-produk yang sesuai dengan tingkat harga rata-rata. Sekaligus hindari produk musiman yang dijual dalam jangka waktu tertentu. Buat situs dengan produk harian sehingga situs Anda akan sangat cocok sebagai pemula afiliasi.


4. Target Kata Kunci Kompetitif Tinggi

Meskipun sangat mudah untuk mendapatkan pesaing terbatas dengan menggunakan kata kunci yang kurang kompetitif, dalam hal ini, penghasilannya bisa terbatas. Di sisi lain, jika Anda menargetkan kata kunci kompetitif tinggi dengan anggaran terbatas, Anda mungkin akan mendapatkan permintaan maaf yang lebih baik.


Tidaklah bijaksana untuk memilih dari kata kunci seperti itu karena Anda adalah seorang pemula melainkan disarankan bagi Anda untuk menghindari kata kunci seperti itu tetapi lebih sedikit yang dapat diambil. Sebagai pendatang baru, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari dengan mengadopsi kata kunci yang kurang kompetitif.


Solusi:-

Solusinya sudah jelaskan diatas, Intinya kami akan merekomendasikan Anda  melakukan penelitian tentang kata kunci turunan. Gunakan beberapa alat mengagumkan seperti KWFinder atau SEMRush untuk mengetahui kata kunci pencocokan tepat. Terakhir, pilihlah kata kunci yang memiliki tingkat kesulitan rendah daripada mengambil yang lebih tinggi.


5. Mengabaikan Kata Kunci Long Tail

Sebagai seorang pemula, tampaknya semua pemula cenderung menggunakan kata kunci penargetan yang kompetitif daripada melakukan penelitian pada kata kunci panjang. Hasilnya sangat menyedihkan sehingga mereka tidak bisa mendapat peringkat di halaman pertama atau bahkan di halaman kedua.


Biasanya, kata kunci panjang lebih spesifik dan kata-kata yang lebih panjang dapat dicari pengguna di mesin pencari. Masalahnya adalah kata kunci panjang kurang kompetitif dan mudah ditargetkan. Pada umumnya, para pemula tidak menggunakan kata kunci panjang tersebut.


Solusi:-

Alih-alih melakukannya, kita dapat menggunakan kata kunci panjang karena kata kunci ini adalah kunci untuk menentukan peringkat dan mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alat yang berbeda seperti SEMrush, KWFinder, dan long tail pro akan membantu Anda menemukan harta karun. Satu hal., Coba andalkan kata kunci khusus merek.



6. Banyak Pemula Mempromosikan Produk Hanya untuk Uang

Ini adalah salah satu bagian paling jelek dari afiliasi marketing. Uang seharusnya tidak menjadi tujuan utama sepanjang waktu, tetapi selalu ada sesuatu yang mendominasi uang.


Mempromosikan produk hanya untuk uang atau komisi sangat tidak etis. Sebagai pemula, sebelum mulai mempromosikan setiap produk, tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu, apakah Anda akan membeli produk yang akan Anda promosikan ini?


Solusi:-

Cobalah untuk menyelesaikan masalah orang lain dengan mempromosikan produk apa pun dan itu akan menjadi kasus terbaik untuk Anda. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum Anda akan mempromosikan produk apa pun, pastikan produk jenis apa yang lebih banyak diminati di pasaran.


Setelah memilih produk yang sempurna, cobalah untuk fokus pada masalah yang sebenarnya dibutuhkan oleh klien yang Anda harapkan, dan kemudian promosikan dengan cara yang paling meyakinkan. 


Anda harus selalu ingat bahwa mencintai pekerjaan dan mempromosikan produk untuk membantu orang lain, bukan untuk uang. Jika Anda bertujuan untuk mempromosikan produk dengan membantu orang lain maka uang akan datang secara otomatis.


7. Mulai Promosi Tanpa Mengetahui Produk

Beberapa pemasar membuat kesalahan besar dengan mempromosikan layanan dan produk yang tidak mereka gunakan atau mereka bahkan tidak mengetahui detail tentang produk tersebut. Awalnya, ini mungkin tampak baik-baik saja tetapi setelah beberapa saat, Anda akan menemukan sesuatu yang mungkin tidak ingin Anda lihat.


Bukan ide yang baik untuk selalu mempromosikan produk tanpa penggunaan praktis atau setidaknya mengetahui produk dengan cara terbaik.


Solusi:-

Saya selalu merekomendasikan kepada setiap pemasar afiliasi bahwa jika mereka akan mempromosikan produk masing-masing, jika memungkinkan, cobalah untuk membeli produk terlebih dahulu. 


Jika tidak memungkinkan untuk membeli produk masing-masing, setidaknya coba ketahui sedikit lebih banyak detail tentang produk masing-masing, kemudian datang ke bagian promosi. Saya pikir dengan mengikuti cara ini, afiliasi marketing Anda akan bekerja dengan sangat baik.


8. Berfokus pada Kuantitas daripada Kualitas

Tampaknya sejumlah besar pemula selalu cenderung menulis banyak konten di situs mereka daripada menjaga kualitas konten tersebut.


Kecuali jika Anda menulis untuk koran, Anda tidak perlu menulis terlalu banyak untuk situs Anda. Selalu konten besar tidak terlalu menjadi masalah, melainkan porsi konten terbatas dengan kualitas penuh dapat berdampak pada konversi Anda.


Solusi:-

Alih-alih berfokus pada kuantitas, cobalah berfokus pada kualitas artikel Anda. Berikan perhatian yang tepat pada bagian strategi Anda ini. Tulis tentang masalah yang paling penting bagi pengguna yang Anda harapkan, mereka mendapatkan manfaat darinya.


9. Melakukan Sesuatu Hanya Dengan Mengikuti Orang Lain

Awalnya setiap pemasar atau blogger mencoba mengikuti secara membabi buta apa yang dilakukan pemasar lain. Padahal tidak baik slelau seperti itu. Di pasar apa pun, Anda telah menghadapi banyak tantangan dan jika Anda ingin mengatasi tantangan tersebut, Anda hanya menunjukkan sesuatu yang luar biasa dari orang lain.


Pemasar yang berbeda memiliki kebijakan pemasaran yang berbeda, itu mungkin tidak bekerja dengan Anda dengan cara yang sama.


Solusi:-

Buat strategi Anda sendiri untuk membuat perbedaan di pasar alih-alih mengikuti orang lain secara membabi buta. Anda dapat menambah nilai pada penawaran afiliasi Anda yang merupakan sesuatu yang unik dalam jenisnya. 


Anda dapat mengikuti beberapa pemasar hebat tetapi menciptakan sesuatu yang berbeda dan produktif sendiri. Selain itu, jika Anda ingin mengikuti pemasar lain, Anda perlu memahami keseluruhan kebijakan pemasar tersebut daripada mengikuti mereka secara membabi buta.


10. Mempromosikan Terlalu Banyak Produk Secara Berturut-turut

Bukan ide yang baik untuk mempromosikan banyak produk melalui situs web Anda. Buat situs web Anda sesederhana mungkin sehingga audiens yang diharapkan dapat berinteraksi langsung dengan Anda. Usahakan untuk mempromosikan produk tidak kurang tidak lebih.


Selain itu, ketika Anda mempromosikan banyak produk, tampaknya Anda sebenarnya lebih berfokus pada uang daripada layanan. Pengunjung pun jadi bingung dengan melihat banyak produk secara keseluruhan. Akhirnya, mereka akan meninggalkan situs web Anda.


Solusi:-

Alih-alih menghina pengunjung Anda dengan membuat mereka bingung, arahkan perhatian Anda hanya pada minat dan temukan solusi yang mereka cari setelah menghadapi masalah tertentu.


11. Tidak Berfokus Pada Satu Hal

Pemula kebanyakan tidak dapat mengandalkan arah tertentu dan ini bisa menjadi salah satu kesalahan paling besar yang terjadi dalam karier afiliasi sebelumnya. Tampaknya sebagian besar afiliasi ingin menjual produk yang berbeda daripada kategori tertentu dengan harapan mereka akan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Tetapi dalam kasus maksimum, mereka berakhir dengan kegagalan besar.


Pendatang baru yang kebanyakan berpikir bahwa semakin banyak produk yang dapat mereka jual semakin banyak yang dapat mereka peroleh, gagasan ini tidak berlaku untuk semua situasi. Selain itu, audiens blog tidak akan mempercayai Anda karena Anda tidak memiliki merek produk tertentu. 


Hal yang sama terjadi untuk platform, jalankan pemasaran Anda di beberapa platform terkenal tertentu. Anda tidak harus mengubah diri Anda di sana-sini


Solusi:-

Oleh karena itu, untuk pemula, saran kami adalah tetap berpegang pada kategori produk tertentu. Sebelum mengambil keputusan tentang memilih kategori, lakukan riset yang tepat dan ikuti terus kategori tersebut. Maka Anda mungkin bisa memiliki audiens tepercaya. Ingatlah selalu bahwa Anda tidak boleh membuat kebingungan di antara pelanggan.


12. Hanya Mengandalkan Lalu Lintas Organik

Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses, tidak bijaksana untuk sepenuhnya bergantung pada satu hal. Dalam afiliasi marketing, penjualan produk adalah kunci untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan, tetapi penjualan produk tergantung pada lalu lintas yang Anda hasilkan ke situs web Anda. Ada banyak sumber untuk menghasilkan lalu lintas ke situs Anda dan tentu saja, lalu lintas dari mesin telusur bukanlah segalanya.


Meskipun sebagian besar pemasar mengikuti mesin pencari, ada juga pendapat lain. Anda dapat mencoba memberi peringkat di Google tetapi Google mungkin tidak memberi peringkat, itu bisa terjadi, tetapi pada titik ini, berhenti mengkhawatirkannya dan mulai berkonsentrasi pada menghasilkan lalu lintas dari sumber lain seperti rujukan, media sosial, langsung, dll.


Solusi:-

Pertama-tama, Anda harus bersikap dingin dan cukup sabar. Selanjutnya, mulailah membangun blog Anda dengan membuat konten berkualitas tentang topik tertentu dan publikasikan. Cobalah untuk memulai kampanye SEO untuk memanfaatkan sumber lalu lintas yang berbeda. Tulis posting berkualitas terutama menargetkan kata kunci kompetitif ekor panjang dan berkonsentrasi padanya.


13. Mempromosikan Produk Scamming

Inti dari afiliasi marketing adalah mempromosikan produk yang berbeda di media online yang berbeda. Sebelum mempromosikan produk, pastikan produk tersebut asli dan produk bebas penipuan.


Misalnya, di Facebook, ada banyak halaman promosi di mana Anda dapat memiliki banyak link produk scamming. Jadi, Anda perlu berhati-hati tentang masalah tersebut.


Solusi:-

Ini adalah salah satu masalah penting yang harus diikuti dengan ketat. Sekali lagi sebelum memilih produk, lakukan studi untuk memastikan bahwa produk tersebut asli. Tinjau secara menyeluruh semua produk sebelum mempromosikan produk di blog Anda sehingga produk tersebut mendapat kepercayaan di antara audiens Anda.


Pada saat yang sama jika Anda menemukan produk yang buruk, jangan ragu untuk menulis ulasan aktual kepada audiens setia Anda dan peringatkan mereka untuk menjauh. Ini akan menciptakan ikatan antara Anda dan audiens Anda.


14. Mengirim Spam Link Afiliasi

Spamming link afiliasi dengan tujuan untuk mendapatkan uang bukanlah ide yang layak untuk sukses besar. Jika Anda melihat media sosial, Anda mungkin akan menemukan skenario ini di kelompok yang berbeda.


Misalnya, jika Anda adalah salah satu anggota grup Facebook, Anda dapat melihat jenis posting ini dibanjiri oleh banyak orang, ini hanya mengganggu audiens.


Sebenarnya apa gunanya ini? Saya pikir, dalam banyak kasus, ini hanya membuang-buang waktu. Sebagai pelajar pemula, kami selalu memposting banyak sekali blog mengingat kuantitas hanya mengabaikan kualitas. Bahkan kami tidak tahu tentang produk sebelum menulis tentang produk tersebut.


Solusi:-

Blogging untuk afiliasi marketing selalu menjadi pilihan terbaik untuk mencapai kesuksesan. Melalui blogging, Anda juga dapat memberi merek pada diri Anda sendiri dan orang-orang akan mempercayai diri Anda sendiri dengan menjadi pelanggan tetap Anda. Cobalah untuk menghindari spamming pada tautan afiliasi untuk mendapatkan kepercayaan akhir dari audiens target Anda.


15. Berpikir untuk Menjadi Kaya dengan Cepat

Pertama-tama, saya ingin mengakui bahwa memang tidak ada jalan pintas untuk sukses. Sejujurnya, Anda perlu melakukan banyak kerja keras, Anda harus berdedikasi pada tugas Anda.


Dengan cara yang sama, tidak ada jalan pintas untuk menjadi kaya dalam semalam melalui afiliasi marketing. Jika seseorang mencoba meyakinkan Anda dengan cara itu, ingatlah bahwa mereka hanya memberi Anda antrean dan mungkin mereka mendapat untung dengan memberi Anda antrean seperti itu.


Solusi:-

Secara harfiah, afiliasi marketing bukanlah pengecualian dari bisnis lain. Jika Anda ingin membangun karir Anda dalam afiliasi marketing, Anda memerlukan banyak uang dan untuk menjadi sukses, itu tidak mungkin terjadi dalam semalam. Saya akan menyarankan Anda dalam hal ini untuk menjaga kesabaran maksimal bahkan jika Anda tidak mendapatkan satu sen pun darinya. Terus ikuti arah yang benar, semuanya akan beres sebentar.


16. Mengabaikan Bagian SEO

Sebagian besar blogger pemula memang mengabaikan bagian SEO, akibatnya mereka tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Ingat, jika Anda tidak memiliki cukup anggaran, SEO bisa menjadi satu-satunya sumber terbaik untuk lalu lintas bertarget.


Meskipun ada opsi lain untuk memiliki lalu lintas, mesin pencari masih yang paling dominan dalam daftar. Setelah menulis posting, sebelum menerbitkannya, Anda perlu memastikan bahwa seluruh artikel benar-benar kompatibel dengan SEO.


Solusi:-

Jangan mengabaikan SEO, alih-alih mengadopsi opsi yang lebih diperlukan bersama dengan SEO seperti media sosial, referensi, dan sumber langsung. Seperti yang saya katakan sebelumnya untuk melakukan riset kata kunci sebelum melakukan review produk apa pun. Lihat tool SEO terbaik sebelum menerapkannya ke dalam tulisan Anda.



Kesimpulan

Intinya, disarankan kepada pemasar afiliasi baru untuk tidak terlalu terburu-buru dengan pendekatan afiliasi. Luangkan waktu untuk mempersiapkan diri Anda dan memulai pekerjaan dengan suasana hati yang lancar. Ini membutuhkan komitmen, pengetahuan tentang produk yang dijual di pasar. Anda juga harus memiliki keterlibatan yang konsisten dengan calon audiens Anda.


Banyak pemasar afiliasi dengan niat baik gagal dalam pendekatan awal mereka karena ketidaksadaran mereka tentang kesalahan strategi afiliasi marketing. Tanpa menghindari jebakan afiliasi marketing ini, Anda tidak bisa mendapatkan figur yang bagus di bidang ini.


Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengetahui masalah-masalah yang perlu Anda waspadai saat memulai afiliasi marketing. Jika Anda merasa ada yang ingin Anda bagikan dengan saya tentang masalah ini, cukup tulis komentar Anda di bawah. Saya benar akan mendengarkan Anda dan segera kembali kepada Anda.


Sumber

LihatTutupKomentar