Kelebihan dan Kekurangan Program Afiliasi Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Program Afiliasi Marketing oleh Bisnisan. Didalam sebuah bisnis tentu saja memiliki sisi positif dan negatif masing - masing. begitu pula dengan bisnis program afiliasi marketing ini, bagi Anda yang letah lama berkecimpung mudah akrab dengan pahit manisnya bisnis ini, namun bagi yang baru ? 


Oleh karena itu kali ini kita akan berbagi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari bisnis afiliasi marketing ini, tentunya ini adalah versi bisnisan.net. Karena masing - masing pasti memiliki pengalaman dan pemahaman yang berbeda tentunya. dan tujuan ini ditujukan untuk para pemula yang baru belajar mengenai bisnis afiliasi marketing.


Kelebihan dan Kekurangan Afiliasi Marketing


Kelebihan Afiliasi marketing

1. Investasi Nol / Minimal

Dalam afiliasi marketing, Anda dapat menjalankan bisnis Anda hampir dengan biaya nol. Anda hanya perlu mempromosikan produk dan Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara. Anda dapat mulai menulis tanpa biaya menggunakan berbagai situs blog gratis. Yang terpenting, Anda tidak perlu berinvestasi dalam membuat dan mengembangkan produk.


Anda juga dapat memulai dengan biaya minimal domain, hosting, dan membeli situs web Anda sendiri. Sebagian besar perusahaan afiliasi mengikuti proses itu dan juga menawarkan paket pemula gratis yang memungkinkan Anda memulai program afiliasi. Mereka juga menawarkan layanan langganan premium dengan lebih banyak peluang dan bantuan.


2. Mudah untuk Memulai

Ini mungkin faktor paling masuk akal untuk memilih platform ini. Semua layanan afiliasi marketing menunjukkan bahwa ini adalah cara termudah untuk memulai bisnis Anda. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah dasar untuk menyelesaikan seluruh proses saat memulai dengan platform afiliasi.


3. Bisnis Yang Menguntungkan

Sudah banyak orang yang meraih kesuksesan dari bisnis afiliasi marketing ini, namun tentunya tidak dengan cara instan. Tetap saja untuk bisa sukses dari afiliasi marketing ini butuh belajar, mencoba, dan berinovasi terutama dalam hal strategi.


4. Belajar Melalui Penghasilan

Anda dapat belajar melalui segala jenis profesi sambil menangani tanggung jawab masing-masing. Tetapi dalam afiliasi marketing, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dan mendapatkan lebih banyak peluang daripada profesi lainnya.


5. Fleksibilitas

Ada beberapa jenis reward / metode bagaimana anda dibayar yang paling umum jika Anda memilih afiliasi marketing, seperti :


  • Pay-Per-Sale: Ini adalah kebijakan di mana Anda harus membayar persentase minimum dari harga jual untuk setiap pembelian yang dilakukan oleh pelanggan menggunakan afiliasi marketing.
  • Bayar-Per-Klik: Dalam hal ini, terlepas dari apakah penjualan dilakukan atau tidak, Anda harus membayar sejumlah pengguna yang diarahkan ke situs web Anda.
  • Pay-Per-Lead: Pada bagian ini, afiliasi diberi penghargaan setelah pengunjung mengisi formulir kontak dengan meninggalkan informasi pribadi mereka.

Ini adalah beberapa metode umum dalam afiliasi marketing yang dapat memanfaatkan untuk setiap afiliasi marketer.


6. Audiens Siap Pasar

Dalam bisnis ini, karena Anda mendapatkan jangkauan yang lebih luas untuk menjual layanan atau produk orang lain, sehingga hal tersebut akan menghasilkan lebih banyak pelanggan, dan memungkinkan ada lebih banyak penjualan. Terlebih lagi jika Anda menemukan bermacam produk dari brand terkenal yang berbeda dan memiliki audiens siap pasar yang akan membantu Anda mempromosikan produk tersebut.


7. Potensi Penghasilan Tinggi

Meskipun pemasar afiliasi tampaknya mendapatkan sebagian kecil pendapatan dari setiap penjualan tetapi tetap saja memiliki potensi yang cukup untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Jika Anda dapat menghasilkan volume penjualan yang tinggi secara keseluruhan, Anda akan menemukan sesuatu yang tidak dapat dipercaya.


Misalnya, jika Anda membuat dan menjual template web, Anda dapat mempromosikan layanan hosting web sebagai afiliasi. Ini bisa menjadi sumber aliran pendapatan tambahan. Apalagi, hanya satu artikel yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan Anda.


8. Produk & Pasar yang Luas

Ini adalah salah satu keuntungan paling luar biasa dari menjadi afiliasi di arena afiliasi marketing. Anda akan mendapatkan banyak produk dan layanan di seluruh pasar. Dari sana, Anda dapat mencapai target audiens yang diharapkan yang dapat memfasilitasi pendapatan afiliasi Anda.


Selain itu, Anda dapat memilih dan fokus pada produk yang membayar komisi tertinggi. Produk yang lebih populer yang Anda pilih, pasar yang lebih luas yang dapat Anda miliki.


9. Mempromosikan Produk Gratis

Dalam afiliasi marketing, sebagai afiliasi, Anda dapat memiliki peluang untuk mempromosikan produk pelengkap selain dari produk utama. Ini juga meningkatkan peluang Anda untuk meningkatkan penghasilan Anda.


10. Lakukan Apa yang Paling Anda Cintai

Ada banyak sekali pilihan program afiliasi marketing untuk anda pilih. Disarankan untuk memilih sesuai dengan minat dan niche Anda. Dengan begitu anda bisa lebih mudah dalam memulai dan memilih produk yang tepat untuk afiliasi anda.


11. Bekerja Dari Mana Saja

Salah satu aspek terpenting dari afiliasi marketing adalah Anda hanya membutuhkan sebuah gadget dan koneksi internet , maka Anda bisa menjalankan bisnis dari mana saja di dunia.


Itu berarti Anda dapat menjalani aktifitas lain dengan mendapat aliran penghasilan dari bisnis afiliasi anda. Ini juga akan memberi Anda fleksibilitas yang sangat besar dan kapasitas yang ditingkatkan untuk membangun aliran pendapatan.



Kekurangan Afiliasi Marketing

Seperti yang sudah kita singgung di awal artikel, afiliasi marketing juga memiliki kekurangan. Sebelum terjun ke bidang pemasaran ini, pastikan anda siap dengan semua kerugian yang mungkin Anda hadapi di masa depan. Mari kita lihat:


1. Pembayaran Berbasis Komisi

Tidak seperti perusahaan publisher iklan yang biasanya membayar untuk setiap orang yang mengklik iklan, sebagian besar program afiliasi bekerja dengan model komisi penjualan. Meskipun masih ada iklan untuk diklik pengunjung, program afiliasi biasanya hanya membayar saat pembelian terjadi.


Dalam kasus ini, iklan menggunakan cookie browser sementara untuk melacak apa yang dibeli seseorang.


2. Butuh Banyak Kesabaran dan Kerja Keras

Awalnya, dibutuhkan banyak perjuangan saat memulai dengan afiliasi marketing untuk membawa Anda ke label. Ini tidak seperti dongeng di mana semuanya akan terjadi dengan sedikit usaha. Ya , ada beberapa pengecualian, tetapi pengecualian tidak pernah bisa menjadi contoh.


Dalam afiliasi marketing, biasanya, dibutuhkan banyak upaya dan dedikasi untuk menonjol dari para pesaing. Anda perlu mengadopsi serangkaian strategi dan kebijakan yang berbeda saat mengafiliasi berbagai jenis produk.


3. Tidak Ada Kontrol Atas Kompetisi

Secara harfiah, sebagai afiliasi marketer, Anda tidak memiliki hak hukum untuk memiliki program afiliasi marketing. Itulah mengapa Anda telah mematuhi semua aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemilik produk atau penyedia layanan. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebijakan mereka.


Dalam hal persaingan, afiliasi marketing memberikan manfaat yang solid dengan risiko minimal sehingga orang secara sukarela terlibat dengan industri tersebut.


4. Ketidakpastian

Peluang muncul dengan risiko dan hal yang sama terjadi untuk afiliasi marketing. Tidak ada janji bahwa pendapatan Anda akan mencapai angka tertentu (jika tidak dengan strategi yang sehat dan direncanakan dengan baik yang ditetapkan dan diikuti). Anda harus memberikan yang terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal tetapi Anda tidak dapat memastikan bahwa pendapatan Anda akan menjadi angka yang pasti.


Penghasilan afiliasi Anda dapat berfluktuasi setiap saat. Jika Anda dapat menumbuhkan jangkauan audiens yang luas, dapat dikatakan bahwa Anda dapat mengharapkan arus pendapatan rata-rata.


5. Persaingan Tinggi

Ini adalah tugas yang sangat menantang untuk mempromosikan produk apa pun di pasar yang kompetitif ini. Jika Anda memilih produk untuk dipromosikan menggunakan situs web Anda, kemungkinan besar ada banyak orang lain yang sudah melakukan hal yang sama seperti yang Anda persiapkan.


Jadi, sangat sulit untuk mendapatkan atau mendapatkan perhatian dari orang yang tepat.


6. Sulit Memilih Produk yang Tepat

Ketika harus memilih produk yang tepat dari banyak produk, selalu menjadi tugas yang sulit untuk mewujudkannya. Dalam afiliasi marketing, Anda akan memiliki banyak produk di lapangan. Jadi pastikan untuk melakukan pekerjaan rumah yang benar sebelum memilih produk yang tepat yang mungkin cocok untuk Anda.


7. Bekerja sebagai Pihak Ketiga

Sebagai afiliasi, Anda hanya bekerja sebagai pihak ketiga yang mempromosikan dan dibayar oleh pedagang. Itu dia! Tidak ada hubungan langsung dengan konsumen. Itu berarti Anda hanya membantu pedagang yang membuat daftar pembelinya.


Jadi, Anda hanya dibayar untuk setiap penjualan, dan begitu konsumen membeli sesuatu menggunakan tautan Anda, dia mungkin tidak membeli barang yang sama menggunakan tautan yang sama melainkan dia dapat membeli barang langsung dari pedagang. Begitulah cara pedagang mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial.


Kesimpulan

Meskipun afiliasi marketing ini memiliki kekurangan, namun bisnis ini juga memberi anda peluang bagi anda agar mendapatkan penghasilan yang layak. Untuk para pemula, kami juga telah menyediakan saran program afiliasi terbaik yang bisa dipilih untuk di ikuti. Tujuannya adalah untuk memudahkan anda menyaring dari sekian banyak layanan program afiliasi di luar sana.


Kemudian, sebelum memulai dengan bisnis afiliasi marketing ini, silahkan pelajari seluk beluk bisnis ini dengan baik, baik itu cara kerja maupun layanan yang akan anda pilih. Kemudian buat keputusan Anda. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda dapat mencobanya.


Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi anda dan jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mennuliskan di kolom komentar yang telah disediakan, dan terimakasih sudah berkunjung.


Sumber

LihatTutupKomentar