Domain Expired Adalah?

Domain expired adalah? oleh Bisnisan. Salah satu hal yang selalu dicari oleh para senior blogger untuk digunakan sebagai  domain blog atau website mereka adalah expired domain. 


Bagi mereka yang sudah mapan di dunia blogging tentunya hal ini tidaklah asing, bahkan bagi sebagian orang ada yang sengaja mengoleksi domain expired ini untuk digunakan atau dijual kembali oleh mereka. 


Sebelum melenceng jauh dari bahasan, mari kita mulai dari awal terlebih dahulu. untuk pengertian domain itu sendiri telah kita jelaskan di artikel sebelumnya.


domain expired adalah


Apa itu Expired Domain?

Domain Expired Singkatnya adalah domain yang pernah dibeli dan digunakan sebelumnya, namun ketika masa kepemilikan domain tersebut berakhir dan tidak diperpanjang lagi, jadi istilah untuk domain tersebut sering dikatakan sebagai Expired Domain.


Segelintir orang ada yang menyebutnya domain lama dan ada juga yang menyebutnya domain tangan kedua, karena domain ini telah digunakan oleh orang lain sebelum Anda.


Kenapa Sebuah Domain Menjadi Expired

Pada umumnya Domain memiliki biaya tahunan untuk dapat terus digunakan, ketika biaya perpanjangan bahkan setelah masa tenggang dari kebijakan layanan resgitrar domain tidak terpenuhi, maka domain itu tidak bisa lagi digunakan pemilik sebelumnya. Ada beberapa alasan kenapa hal tersebut biasanya terjadi, Seperti :

  • Karena lupa memperbarui nama domain
  • Tidak menunjukkan minat pada pembaruan domain
  • Beberapa orang tidak suka membayar lebih untuk pembaruan
  • Karena ketidaklengkapan proyek

Domain kedaluwarsa ini didaftarkan ulang oleh orang SEO setelah kedaluwarsa. Karena ini adalah tambang emas bagi mereka. Dan umumnya domain expired di beli oleh : 


  • Profesional SEO:  SEO memata-matai domain kadaluarsa hanya untuk nilai tautan balik. Metrik yang penting bagi profesional SEO adalah metrik yang disediakan oleh penyedia data backlink teratas - AHrefs, Majestic, SEMrush, dan Moz.
  • Domain Flippers:  Orang-orang ini membeli nama domain ini untuk nilai intrinsik dari nama domain tersebut.
  • Pemarkir Domain:  Orang-orang ini membeli domain ini untuk  menghasilkan uang dengan memarkir domain  yang memiliki lalu lintas organik. Mereka menghasilkan uang dari iklan jika mereka memiliki lalu lintas tertentu.

Ada banyak sekali domain expired setiap harinya. Diantaranya banyak domain yang memiliki backlink yang sangat baik. Namun, sebagian besar domain ini tidak berharga. Beberapa domain kedaluwarsa, sedikit yang dihapus beberapa hari lalu atau beberapa bulan atau tahun yang lalu.


Keuntungan domain Expired

Ada beberapa keuntungan yang bisa diambil dari domain expired ini, terutama ketika domain tersebut termasuk kedalam domain mapan dan memiliki kredibilitas tinggi. Sehingga hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk :


1. Meningkatkan Authority Situs atau blog

Untuk memulai website baru, sebagian besar ahli mempertimbangkan domain expired dibanding domain baru. Karena untuk memulai situs dengan nama domain baru, dibutuhkan kerja keras lebih untuk mendapatkan link dari situs ternama lain, DA, PA dan Alexa rank.


2. Mendapatkan Backlink

Jika domain expired yang dibeli mempunyai DA, PA, dan backlink yang tinggi, maka secara otomatis akan langsung meningkatkan peringkat blog Anda di mesin pencari.


3. Pengalihan Domain Expired

Anda bisa membuat pengalihan dari domain expired yang telah anda beli ke domain utama anda, dengan syarat domain expired tersebut haruslah yang berkualitas. dan disarankan juga domain yang sesuai dengan niche atau topik blog Anda.


4. Dijual kembali

Sebagian besar orang membeli domain ini untuk dijual demi keuntungan instan yang lebih baik. Ini disebut " Flipping Domain ".


Flippa adalah tempat yang tepat untuk menjual domain Anda. Untuk menjual domain jenis ini, pertama-tama, Anda harus memilih nama domain yang sempurna yang memiliki Otoritas Domain Tinggi, Otoritas Halaman, TF, CF, Tautan Balik, dan lainnya. Kemudian Anda dapat berpartisipasi dalam Lelang Domain untuk harga yang lebih baik.


Opsi lainnya adalah, membangun situs dengan domain kadaluwarsa yang dibeli, mulai meningkatkan nilai SEO dengan membuat tautan balik dan konten melalui perjalanan waktu yang sederhana. Tetapi di sini Anda membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk ini. 


Di sini usia domain memberikan nilai yang besar untuk keuntungan yang besar jika Anda menjual di Flippa.


Kerugian Domain Expired

Jika sudah membaca kelebihannya, maka ketahuilah juga kekurangannya. Karena di mana ada untung pasti ada kerugian. Jadi kerugiannya adalah jika Anda tidak sengaja membeli domain yang buruk, maka itu dapat memengaruhi situs web Anda. 


Karena itu peringkat Anda juga bisa turun. Skor Spam mungkin meningkat. Karena kalau ada domain yang jelek, sudah jelas.


Akan ada juga backlink yang buruk. Dan ketika backlink buruk dibuat dari sebuah situs web, Skor Spam meningkat. Itulah kenapa setelah mengecek Old Domain, Anda bisa membeli Expired Domain setelah berpikir matang.


Saran Sebelum membeli Sebuah Domain Expired

Agar tidak salah dalam membeli domain expired ada baiknya pertimbangkan dulu hal - hal berikut ini :


1. Cek Domain Authority & Trust Flow

Pastikan Domain expired yang akan anda beli memiliki DA, PA dan trust flow yang baik


 2. Periksa status Domain di Google

Setelah Anda memilih DA, PA, dan TF tinggi, Anda harus menganalisis status domain expired di Google dengan menggunakan Google banned checker.


3. Periksa Profil  Backlink

Anda harus memeriksa backlink dari domain yang digunakan. Dengan menggunakan alat  SEMrush  /  Link Assistant  (dari  SEO PowerSuite ) / KWFinder , periksa dan evaluasi profil media sosial, tautan masuk, profil forum - tanda tangan Forum, dan tautan editorial.

Evaluasi backlink sangat penting dilakukan agar kita mengetahui apakah expired domain tersebut layak untuk digunakan.


4. Periksa di Web Achieve

Silhakan periksa terlebih dahulu domain expired yang akan anda beli di website archive.org untuk mengetahui histori dari domain tersebut


5. Periksa Adsense dibanned atau tidak

Periksa nama domain di alat pemeriksa Sandbox Adsense, jika domain tersebut pernah terkena banned adsense tentunya hal ini akan sangat merugikan anda. Jadi jangan lewatkan untuk melakukan pengecekan terelebih dahulu.


Tempat Mencari Domain Expired

Anda bisa melakukan pencarian domain expired di expireddomains.net , di situs tersebut menyediakan banyak sekali daftar domain expired untuk anda pilih, kemudian bisa membeli langsung di situs tersebut dengan membuat penawaran atau melalui registrar domain lain yang biasa anda gunakan.


Kesimpulan

Domain expired adalah sebuah domain yang pernah digunakan namun tidak diperpanjang oleh pemilik terdahulunya, Domain expired ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi anda harus berhati - hati ketika hendak membeli domain yang sudah expired dan lakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Demikian uraian mengenai domain expired semoga dapat menambah wwawasan anda dalam mengenali dan mencari domain expired untuk keperluan blog atau website anda. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dan terimakasih sudah berkunjung


Sumber1, Sumber2

LihatTutupKomentar