Bisnis rumahan modal kecil di desa yang mudah dan menguntungkan

Bisnis rumahan modal kecil di desa yang mudah dan menguntungkan oleh Bisnisan.net - Untuk mendapatkan penghasilan, sebagian orang rela hijrah dari kampung halamannya ke tempat lain untuk bekerja dan mencukupi kebutuhan hidupnya. 


Namun bagi sebagian yang lain hal itu terkadang tidak bisa dilakukan dengan alasan yang berbeda - beda yang mengharuskan ia tetap tinggal di desa nya. Kendati demikian, kebutuhan hidup tetaplah harus tercukupi dan sebuah ikhtiar pastilah diperlukan. 


Masalah utama yang biasa terjadi bukanlah tidak ingin bekerja, namun kebingungan dengan apa yang harus dikerjakan. Oleh karena itu disini bisnisan.net akan berbagi ide bisnis rumahan modal kecil di desa yang mudah dan menguntungkan tentunya, Silahkan simak uraian dibawah ini.


Bisnis rumahan modal kecil

Ide bisnis Rumahan modal kecil secara offline

1. Pertanian / perkebunan

Pertanian memang sangat cocok bagi seseorang yang tinggal di desa, bahkan untuk saat ini bisa dikatakan adalah bisnis yang paling menguntungkan, dimana minat orang terhadap bertani semakin berkurang, sementara kebutuhan akan hasil pertanian terus meningkat dari waktu ke waktu. 


Bagaimana tidak, coba silahkan anda perhatikan dilingkungan anda berapa banyak orang di usia remaja yang terjun dalam dunia pertanian dan bandingkan dengan 5 atau 10 tahun kebelakang. 


Di jaman perkembangan tekhnologi yang membuat segalanya serba instan membuat generasi muda masa kini kebanyakan enggan untuk berkebun atau bercocok tanam, bahkan bagi sebagian merasa gengsi untuk menjadi petani. Nah, justru karena itulah hal ini bisa jadi peluang besar bagi kita untuk mendapatkan penghasilan.


Dari point pertanian saja, ada beberapa ide yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi dan minat anda


Bertani dengan Metode tradisional

Kebanyakan para petani di desa masih menggunakan cara tradisional ketika menanam tanaman nya, oleh karena itu sekalipun anda baru akan belajar, anda tidak akan terlalu sulit untuk mencari sumber yang bisa ditanya dan anda bisa belajar kepadanya.


Modal utama yang dibutuhkan untuk bertani adalah kebun, jika anda memiliki lahan kosong yang bisa dimanfaatkan, anda bisa langsung memulai bisnis ini dan menentukan tanaman apa yang cocok ditanam di sekitar kebun anda.


Lalu bagaimana jika tidak memiliki kebun ? Inilah kenapa diatas kita mengatakan, sebagian orang sekarang sudah enggan untuk bertani atau menjadi petani. Tentunya anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk bekerjasama dengan mereka yang memiliki kebun atau lahan kosong yang tidak dimanfaatkan sama sekali. Dengan begitu anda bisa bercocok tanam dan mendapat penghasilan meskipun tidak memiliki kebun.


Metode Hidroponik

Metode hidroponik ini adalah salah satu inovasi di dunia pertanian yang mana anda tidak membutuhkan kebun yang luas untuk bisa bercocok tanam, karena anda tidak menggunakan tanah untuk melakukan penanaman dengan metode hidroponik ini. 


Cara ini juga menggunakan air yang lebih sedikit dibandingkan metode tradisional dan menekankan pada kebutuhan nutrisi tanaman agar bisa tumbuh maksimal. metode ini kebanyakan digunakan untuk menanam sayuran dan bisa anda lakukan sekalipun itu hanya di halaman rumah.


Menjadi distributor hasil pertanian

Anda juga bisa menjadi distributor hasil pertanian dan bekerja sama dengan para petani juga para pedagang di pasar. Untuk skala besar, tentunya kendaraan seperti mobil akan sangat dibutuhkan, namun anda bisa memulai dengan skala kecil terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan kondisi anda.


Penjual hasil pertanian

Selain menjadi distributor anda bisa juga langsung menjadi penjual hasil pertanian, Anda bisa menjual sayuran, Beras, umbi - umbian dan hasil tani yang lainnya. Dengan cara ini anda bisa mendapat keuntungan lebih banyak karena harga pembelian anda dari petani tentunya akan lebih murah dibandingkan anda membeli dari pasar.


Penjual kebutuhan pertanian

Jika dalam rangkaian A, B dan C diatas telah disebutkan B nya bertanam dan C nya menjual hasilnya, Maka disini kita akan mengambil  peluang bisnis dengan poin A yaitu menyediakan kebutuhan pertanian.


Jika disekitar anda masih banyak petani, dan opsi - opsi diatas tidak ada yang sesuai dengan anda. kenapa tidak dicoba peluang yang satu ini, yaitu menyediakan kebutuhan pertanian, seperti perkakas, pupuk, bibit dan hal lain yang sekiranya dibutuhkan oleh petani.


2. Peternakan

Ternak hewan juga salah satu bisnis yang sangat memungkinkan di desa baik hewan darat seperti ayam, bebek, itik, kelinci, kambing dll. maupun budidaya ikan tawar seperti ikan lele, nila, gurame, dll. bahkan anda bisa melakukan budidaya ikan hias.


3. Jasa

Jika anda memiliki keahlian di bidang tertentu, anda bisa mulai menjual keahlian anda dengan menawarkan jasa seperti pangkas rambut, pijat dan refleksi, service elektronik, service kendaraan bermotor, jasa antar jemput, vermak, sablon, dll.


4. Bisnis Online

Jika anda memiliki koneksi internet, anda bisa melakukan bisnis online anda bisa melakukan penjualan secara online kemana saja meskipun anda sendiri tinggal dan berada di desa. 


selain itu anda juga bisa menjual jasa anda secara online, dan masih banyak peluang bisnis online yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan, sekalipun anda tetap tinggal di desa Anda.


5. Otomotif

Anda juga bisa menyediakan atau menjual spare part kendaraan bermotor, membuka bengkel, atau hanya sekedar membuka tambal ban. 


6. Konter Pulsa

Ini adalah salah satu yang tidak menguras banyak tenaga anda, Membuka konter pulsa bisa menjadi salah satu peluang yang bisa anda ambil untuk dijadikan sebagai bisnis. 


7. Pom Bensin Mini

Pom Bensin Mini atau ada juga orang yang menyebutnya Pertamini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda, terutama ketika jarak ke pom bensin terdekat lumayan jauh. Maka anda bisa menjadi pengecer bensin di desa anda dan mendapat keuntungan dari setiap liter penjualan yang anda lakukan.


8. Penjahit

Jika anda memiliki keahlian dalam menjahit, anda bisa mulai membuka jasa ini, baik itu menerima pesananan membuat pakaian, atau jasa vermak saja. Bahkan ketika anda belum memiliki keahlian pun, anda bisa mengikuti kursus terlebih dahulu, dan biasanya kursus menjadhit ini tidak membutuhkan waktu yang lama.


9. Warung Kopi

Karena orang didesa biasanya berbaur dan akrab satu sama lain, Warung kopi mungkin tempat yang cocok bagi mereka dan ini menjadi peluang yang bisa anda ambil. Terlebih ketika anda berkreasi dengan menyediakan layanan wifi gratis misalnya sehingga mereka betah untuk berada di warung kopi anda.


Anda bisa menjual Kopi sachetan ataupun hasil racikan sendiri di warung kopi anda, dengan modal yang kecil saja bisnis ini sudah bisa berjalan ketika anda berani untuk memulainya. 


Itulah beberapa ide bisnis rumahan modal kecil di desa yang mudah dan menguntungkan yang mungkin bisa anda coba salah satunya. Jika ada pertanyaan, kritik atau saran, silahkan tinggalkan di komentar dan Terimakasih sudah berkunjung.


LihatTutupKomentar